DESAIN PELATIHAN PADA MASA PENDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PENERAPAN METODE CONSTRUCTIVE LEARNING PADA PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING)

  • Siti Choiriyah membership
  • Setyo Riyanto Universitas Mercubuana, Jakarta

Abstract

Program pelatihan dan pengembangan di BP Jamsostek tetap berlangsung di tengan pandemic Covid-19. Wabah virus corona telah menjadi issue global sejak WHO telah mengumumkanya pada pertengahan bulan Maret 2020. Dampaknya berimbas pada seluruh lapisan negeri serta mengubah berbagai segi kehidupan tanpa terkecuali pekerjaan, pendidikan dan pelatihan.


BP Jamsostek sebagai lembaga public yang bergerak dalam bidang jaminan sosial ketenagakerjaan melalui Deputi Direktur Bidang Learning turut merasakan dampaknya. Berbagai pelatihan yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka (face-to-face) dihentikan sejalan dengan merebaknya penyebaran Covid-19. Kondisi ini memerlukan penyesuaian baik metode pembelajaran maupun waktu pelaksanaanya.


Desain pelatihan dirancang sedemikian rupa agar tujuan dan sasaran organisasi tercapai yakni dengan metode pembelajaran contructive learning dengan penyampaian pembelajaran berbasis digital yakni virtual learning dengan menggunakan aplikasi zoom cloud dan Learning Management System/LMS atau e-learning BP Jamsostek. Era globalisasi menuntut setiap generasi untuk mampu berdaptasi dengan perkembangan teknologi teknologi khususnya internet saat ini sangat mempengaruhi segenap aspek kehidupan, termasuk pada bidang pendidikan dan pengembangan yang ada di organisasi. 


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana BP Jamsostek mendesain pelatihan dan melaksanakan pelatihan yang berlangsung pada masa pandemic Covid-19. Program pelatihan di desain dengan metode contructive learning yang menekankan pada keaktifan peserta dengan penyampaian pembelajaran virtual learning untuk memenuhi tujuan bisnis organisasi. Tujuannya adalah memenuhi pengetahuan, memperkuat ketrampilan sikap dan perilaku karyawan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mas pandemic Covid-19. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa desain pelatihan program dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan sasaran desain pelatihan yang telah dirancang. Segenap element pelatihan berepran serta aktif dalam pelaksanaan program ini. Program ini terselenggara tidak hanya untuk memenuhi program kerja dari organisasi namun juga sebagai langkah positif dalam membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.  .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-21
How to Cite
CHOIRIYAH, Siti; RIYANTO, Setyo. DESAIN PELATIHAN PADA MASA PENDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PENERAPAN METODE CONSTRUCTIVE LEARNING PADA PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING). Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 8`, p. 488-502, aug. 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/371>. Date accessed: 28 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i8`.371.
Section
Articles