Efektivitas Pemberian Cold Pressed Virgin Coconut Oil Secara Topikal Terhadap Percepatan Penyembuhan Paska Pencabutan Antara Maksila Dan Mandibula Tikus Jantan Strain Wistar Secara Klinis

  • Elshendro Tandry Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan
  • Samantha Samantha Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan
  • Ngo Viet Nhan Ngo Viet Nhan Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan
  • Florenly Florenly Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan

Abstract

Tindakan ekstraksi gigi bertujuan mengambil gigi dari dalam soket tanpa atau dengan pembukaan jaringan lunak dan keras, serta meninggalkan jaringan luka. Luka dapat sembuh secara alami, namun dapat dipercepat dengan menggunakan bahan alami. Minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil) yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis cold pressed yang mempunyai potensi untuk mempercepat penyembuhan luka bekas ekstraksi gigi karena memiliki kandungan senyawa asam laurat konsentrasi tinggi (48,5%). Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas Cold Pressed Virgin Coconut Oil terhadap percepatan penyembuhan luka paska ekstraksi gigi pada tikus jantan strain wistar dengan pemberian secara topikal. Penelitian experimental laboratoris ini menggunakan sampel tikus wistar jantan dengan jumlah 24 ekor yang dibagi menjadi empat kelompok, yakni: 2 kelompok kontrol rahang atas dan rahang bawah, 2 kelompok perlakuan VCO topikal rahang atas dan rahang bawah. Setelah ekstraksi gigi dilakukan, Cold Pressed VCO diberikan secara teratur selama 7 hari, diobservasi dan dicatat kondisi jaringan lunaknya selama penyembuhan. Data diuji menggunakan non-parametrik Kruskal Wallis test, menunjukkan adanya perbedaan penyembuhan luka paska pencabutan gigi antara kelompok perlakuan dan kontrol secara signifikan. Penelitian ini menyimpulkan Cold Pressed VCO efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka paska ekstraksi gigi. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa aktif yang terdapat didalamnya, antara lain: asam laurat dan oleat. Selain itu, aplikasi obat secara topikal memberikan efek langsung pada sasaran dengan onset of action yang lebih cepat tanpa mempengaruhi keadaan sistemiknya.


Kata kunci: Ekstraksi Gigi, Cold Pressed Virgin Coconut Oil, dan Penyembuhan luka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-20
How to Cite
TANDRY, Elshendro et al. Efektivitas Pemberian Cold Pressed Virgin Coconut Oil Secara Topikal Terhadap Percepatan Penyembuhan Paska Pencabutan Antara Maksila Dan Mandibula Tikus Jantan Strain Wistar Secara Klinis. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 5, p. 36-49, may 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/263>. Date accessed: 04 june 2020. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i5.263.
Section
Articles