Syntax Idea : p–ISSN: 2684-6853  e-ISSN : 2684-883X     

Vol. 2, No. 8, Agustus 2020

 


RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI MANAJEMEN PADA SALON CAPTUS BERBASIS JAVA

 

Ni Luh Ayu Widary, Halimatus Sa’diah dan Ana Rusmardiana

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Email: helloniluhayu@gmail.com, gbhock300679@gmail.com dan ana.irawan93@gmail.com

 

Abstrak

Perkembangan globalisasi dan informasi dalam bidang teknologi semakin terus berkembang dan semakin pesat membuat banyak kemudahan salah satunya adalah di bidang bisnis yaitu kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan administrasi manajemen. Disamping itu ditemukan beberapa perusahaan tidak dapat bertahan lama dalam menghadapi perkembangan teknologi dikarenakan banyaknya pesaing baru yang bermunculan dan tertinggal dengan kemajuan teknologi salah satunya adalah salon kecantikan Captus. Dikarenakan pelayanan administrasi manajemen salon yang masih bersifat konvensional sehingga pelayanan terhadap pelanggan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem administrasi manajemen dari konvensional menjadi terkomputerisasi, memudahkan admin dalam melakukan pendataan pelanggan, pelayanan, dan barang masuk sehingga perusahaan dapat melayani pelanggan dengan lebih optimal. Penelitian ini fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan pengamatan, menetapkan konsep, membuktikan teori, pengumpulan data dan analisis data dalam waktu yang bersamaan sehingga menggunakan metode grounded research dan pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini adalah dibangunnya suatu sistem administrasi manajemen pada Captus Salon yang terkomputerisasi sehingga mempermudah admin dalam melakukan pencatatan data pelanggan, pelayanan, barang masuk, transaksi dan pembuatan laporan, meminimalkan pengeluaran, membuat pelayanan lebih maksimal, dan pencatatan data menjadi semakin mudah dan lancar sehingga hasil penelitian sangat berguna untuk salon kecantikan Captus.

 

Kata kunci: Sistem Informasi; Administrasi; Manajemen; Aplikasi Salon

 

Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat mendorong dan meghadirkan tantangan baru di berbagai bidang (Suhaeri, 2018). Perkembangan globalisasi dan informasi dalam bidang teknologi semakin terus berkembang dan semakin pesat membuat banyak kemudahan salah satunya adalah di bidang bisnis yaitu kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan administrasi manajemen. Disamping itu beberapa perusahaan ditemukan tidak dapat bertahan lama dalam menghadapi perkembangan teknologi dikarenakan banyaknya pesaing baru dan tertinggal dengan kemajuan teknologi salah satunya adalah salon kecantikan Captus. Sistem administrasi manajemen pada salon kecantikan Captus masih bersifat konvensional. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem administrasi manajemen secara terkomputerisasi dan memudahkan dalam melakukan pendataan pelanggan, pelayanan, dan barang masuk di salon kecantikan Captus. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi untuk menambah pengetahuan dan dapat dikembangkan bagi para pembaca yang minat untuk mendalami tentang aplikasi administrasi manajemen menggunakan Netbeans.

Rancang bangun adalah proses pembangunan sistem untuk menciptakan sistem baru maupun mengganti atau memperbaiki sistem yang telah ada baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian (Bambang, 2013). Rancang Bangun adalah kegiatan menciptakan sistem baru maupun mengganti atau memperbaiki sistem yang telah ada baik secara keseluruhan maupun sebagian (Roger, n.d.). Rancang adalah kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang terbaik (Sutabri, 2012).  

Sistem informasi adalah cara yang diorganisasi untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, menyimpan data, mengendalikan, dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Krismiaji, 2015). Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai (Abdul, 2014). Sistem informasi merupakan sistem buatan manusia yang terdiri dari sekumpulan komponen (baik manual maupun berbasis komputer) yang terintegrasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data (Setiawati & Diana, 2011). Sistem informasi merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan sumber daya yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi (Yakub, 2012).

Perancangan sistem adalah sekumpulan aktifitas yang menggambarkan secara rinci bagaimana sistem akan berjalan. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (Satzinger, Jackson, & Burd, 2011). Perancangan adalah suatu proses untuk membuat dan mendesain sistem yang baru. Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem adalah sebuah proses setelah analisis dari siklus pengembangan sistem untuk merancang suatu system (Rusdi Nur, 2018).

Pengertian administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu (Coulter, M., 2010). Definisi administrasi secara luas diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu (The Liang Gie, 2007).

Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi dengan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien (Wibowo, 2011). Manajemen melibatkan koordinasi dan mengawasi kegiatan pekerjaan orang lain sehingga kegiatan mereka selesai secara efisien dan efektif (Coulter, M., 2012).

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan diberbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini dibuat oleh James Gosling saat di Sun Microsystem dan rilis tahun 1995. Sedangkan Netbeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan pemrograman java yang berjalan di atas swing. Swing adalah teknologi java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan diberbagai macam platforms seperti Windows Linux, Mac OS X and Solaris.

            MySQL adalah salah satu software Database Management System (DBMS) Structured Query Language (SQL) yang bersifat open source (Rosmayanti, 2010).

Xampp adalah paket program web lengkap yang dapat dipakai untuk belajar web, khususnya PHP dan MySQL, paket ini dapat di download secara gratis dan legal” (Nugroho, 2013).

 

Metode Penelitian

Metode penelitian dapat diartikan sebagai suatu rencana kerja yang terstruktur dalam hal hubungan antara variabel sedemikian rupa agar hasil risetnya dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan riset. Dalam hal ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya yaitu metode grounded research.

Pendekatan kualitatif digunakan untuk meneliti pada obyek yang alamiah dengan cara mengumpulkan data yang didapat dalam penelitian yang sedalam-dalamnya. Sedangkan metode grounded research adalah metode penelitian yang berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan pengamatan, menetapkan konsep, membuktikan teori, pengumpulan data dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perumusan Masalah           

Metode penelitian manapun harus diawali dengan adanya masalah, yakni pengajuan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang jawabannya harus dicari menggunakan data dari lapangan.

2. Penentuan Informasi

Dalam hal ini penelitian perlu menetapkan informasi apa yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan atau masalah yang telah dirumuskan.

3. Prosedur Pengumpulan Data

Ada dua unsur penelitian yang diperlukan, yakni alat pengumpulan data dan sumber data yakni dari mana informasi itu diperoleh.

4. Prosedur Pengolahan Informasi

Data dan informasi yang telah diperoleh dengan pengumpulan data yang dipilih dan sumber data tertentu masih merupakan informasi atau data kasar. Informasi dan data tersebut perlu diolah agar dapat dijadikan bahan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

5. Menarik Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, selanjutnya mensintesiskan semua jawaban tersebut dalam satu kesimpulan yang merangkum permasalahan penelitian secara keseluruhan.  

 

Hasil dan Pembahasan

A.  Analisis Permasalahan

Dari hasil penelitian yang penulis kerjakan maka penulis dapat menganalisa permasalahan yang ada pada sistem administrasi manajemen di salon kecantikan Captus adalah:

1)    Sistem administrasi manajemen masih dilakukan secara konvensional.

2)    Sistem transaksi penjualan di salon kecantikan Captus hanya mengandalkan buku yang akhirnya berpengaruh terhadap pembukuan, jika terdapat kesalahan dalam pencatatan.

3)    Pembuatan laporan masih menggunakan lembaran kertas sehingga kurang efektif dan efisien.

4)    Admin melakukan pembuatan rekapan laporan setiap bulan namun terkadang masih kesulitan dalam pembuatan laporan karna admin diharuskan melayani dan melakukan pencatatan secara bersamaan.

5)    Pencatatan data pelanggan, data pelayanan, data barang dan laporan menggunakan buku dan lembaran kertas sehingga untuk menyimpan data-data pencatatan di salon kecantikan Captus membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

B.  Alternatif Penyelesaian Masalah

Penulis memberikan beberapa alternatif penyelesaian masalah dalam penelitian ini antara lain:

1)    Membangun sistem administrasi manajemen secara terkomputerisasi yang dapat membantu kinerja admin.

2)    Membuat aplikasi transaksi penjualan yang akan mengurangi tingkat kesalahan dalam pencatatan transaksi.

3)    Membuat aplikasi sistem administrasi manajemen yang terhubung dengan database. Sehingga pembuatan laporan akan lebih efektif dan efisien.

4)    Membuat laporan yang dapat dilakukan secara otomatis setiap bulannya

5)    Membuat aplikasi sistem administrasi manajemen yang dapat memudahkan dalam melakukan pendataan pelanggan, pelayanan, dan barang masuk dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar sehingga akan mengurangi pengeluran.

C.  Diagram Kontek Sistem Diusulkan

Berikut ini adalah gambaran sistem yang diusulkan oleh penulis secara keseluruhan dalam bentuk diagram:

 

 

 

Gambar 1

Diagram Konteks Sistem Administrasi Manajemen

 

D.  Entity Relationship Diagram (ERD)

Berikut ini adalah gambaran sistem yang diusulkan oleh penulis secara keseluruhan dalam bentuk diagram:

 

Gambar 2

Enitity Relationship Diagram

 

E.  Tampilan Layar, Tampilan Format Masukan Dan Tampilan Keluaran

Tampilan aplikasi saat baru dibuka akan menampilkan layar login.

Gambar 3

 Tampilan Layar Login

Setelah mengisi username dan password dengan benar. Maka akan diarahkan ke menu utama.

Gambar 4

Tampilan Layar Menu Utama

Pada form ini digunakan untuk menyimpan data barang yang akan diinput.

 

 

 

 

 

Gambar 5

Tampilan Format Masukan Data Barang

 

Pada form ini berisikan data pelanggan di salon kecantikan Captus.

Gambar 6

 Tampilan Format Masukan Data Pelanggan

 

Form data karyawan berisikan data karyawan atau staff salon yang ada di salon kecantikan Captus.

Gambar 7

 Tampilan Format Masukan Data Karyawan

Form layanan berisikan data layanan jasa yang ada di salon kecantikan Captus.

Gambar 8

Tampilan Format Masukan Data Layanan

 

Pada form ini digunakan untuk menginput data transaksi saat pelanggan melakukan pembayaran.

Gambar 9

Tampilan Format Masukan Data Transaksi

Di bawah ini adalah tampilan laporan data barang di salon kecantikan Captus.

Gambar 10

Tampilan Keluaran Data Barang

 

 

Di bawah ini adalah tampilan laporan data pelanggan di salon kecantikan Captus.

Gambar 11

Tampilan Keluaran Data Pelanggan

Di bawah ini adalah tampilan laporan data karyawan di salon kecantikan Captus.

Gambar 12

. Tampilan Keluaran Data Karyawan

 

Di bawah ini adalah tampilan laporan data layanan di salon kecantikan Captus.

Gambar 13

Tampilan Keluaran Data Layanan

Di bawah ini adalah tampilan laporan data transaksi di salon kecantikan Captus.

Gambar 14

Tampilan Keluaran Data Transaksi

 

Kesimpulan

Dengan dibangunnya sistem administrasi manajemen pada salon kecantikan Captus dapat mempermudah dalam melakukan pencatatan data pelanggan, pelayanan, barang masuk, transaksi dan pembuatan laporan sehingga lebih efektif dan efisien dan membuat pelayanan di salon kecantikan Captus lebih maksimal. Dapat meminimalkan pengeluaran salon kecantikan Captus, karna tidak membutuhkan kertas yang banyak dan tempat penyimpanan yang luas. Setelah dibuatnya administrasi manajemen ini, data yang tersimpan dalam sistem dapat di backup sehingga dapat meminimalir kerusakan atau kehilangan data dan juga dalam pencatatan data menjadi semakin mudah dan lancar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BIBLIOGRAFI

 

Abdul, Kadir. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi Offest, Yogyakarta.

 

Bambang. (2013). Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Coulter, M., &. Robbins. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Coulter, M., &. Robbins. (2012). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

 

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Unit Penerbit.

 

Nugroho, Bunafit. (2013). Dasar pemrograman web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

 

Roger, S. (n.d.). Pressman. 2010. Software Engineering: a Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill.

 

Rosmayanti, H. (2010). Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Bandung: Widya Padjajaran.

 

Rusdi Nur. (2018). Konsep Dasar Perancangan. Yogyakarta: Deepublish.

 

Satzinger, John W., Jackson, Robert B., & Burd, Stephen D. (2011). Systems analysis and design in a changing world. Cengage learning.

 

Setiawati, Lilis, & Diana, Anastasia. (2011). Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Proses dan Penerapan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

 

Suhaeri, Suhaeri. (2018). Strategi Komunikasi Inovasi Dalam Meminimalisir Konflik Horizontal Pengemudi Taksi Online Dan Konvensional Di Kota Bandung. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2), 122–131.

 

Sutabri, Tata. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.

 

The Liang Gie. (2007). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

 

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Yakub. (2012). Pengantar Sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.